Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat berbagai tipe dokumen. Microsoft Word memiliki fitur lengkap untuk berbagai keperluan dalam pembuatan dokumen profesional. Salah satu fitur yang jarang digunakan namun penting diketahui adalah mengkombinasikan gambar dan teks, tepatnya bagaimana menempatkan atau meletakkan teks di atas gambar.

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menempatkan teks di atas gambar di Microsoft Word. Anda mungkin ingin memberi teks sebagai label atau nama di atas gambar agar lebih jelas karena akan menggunakan gambar sebagai visual emphasis di dokumen, Anda mungkin ingin meletakkan atau menempatkan logo perusahaan sebagai latar (background) dari dokumen atau Anda mungkin bermaksud ingin menjadikan gambar seperti watermark di dokumen.

Baca artikel Menyisipkan Keterangan (Caption) Ke Gambar Di Microsoft Word

Yang manapun alasannya, Anda dapat menempatkan atau meletakkan teks di atas gambar dengan mudah di Microsoft Word. Meskipun Microsoft Word bukan aplikasi pengolah gambar, versi Microsoft Word saat ini setidaknya memiliki fitur editing gambar meskipun sangat terbatas. Di Microsoft Word, Anda dapat meletakkan teks di atas gambar dengan dua cara. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Baca artikel:

1. Menyisipkan Text Box di gambar.

Salah satu cara menempatkan atau meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word adalah dengan obyek teks (text box). Text box adalah salah satu dari sekian banyak obyek di Microsoft Word. Ketika Anda menyisipkan text box di dokumen Microsoft Word, Anda dapat mengetik teks apapun di dalam text box untuk mengganti placeholder text dan kemudian menempatkan atau melatakkan text box di atas gambar yang telah disisipkan atau ditambahkan ke dokumen lebih dahulu.

Jalankan aplikasi Microsoft Word dan sisipkan gambar terlebih dahulu. Pastikan Anda di tan Insert, di area sebelah kanan dari ribbon, di kelompok Text, klik tombol Text Box (1) dan kemudian pilih Simple Text Box (2).

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Text box disisipkan ke dokumen Microsoft Word. Anda juga akan melihat placeholder text disorot, ketik langsung teks di teks box yang nantinnya akan diletakkan di atas gambar. Dengan text box masih terseleksi, klik ikon Layout Options (1) dan kemudian klik pada ikon In Front of Text (2).

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Sekarang drag (tekan dan seret) text box untuk ditempatkan atau diletakkan di atas gambar yang telah disipkan lebih dulu. Berikut ini adalah tampilan sementara. Anda dapat melihat bahwwa text box masih memiliki warna latar (background) putih dan warna garis batas atau garis tepi hitam.

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Untuk menghilangkan warna latar putih pada text box, seleksi terlebih dahulu text box, pastikan Anda berada di tab Shape Format, di kelompok Shape Style, klik Shape Fill (1) dan kemudian pilih No Fill (2).

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Untuk menghilangkan warna latar putih pada text box, pastikan text box masih terseleksi dan Anda masih berada di tab Shape Format, di kelompok Shape Style, klik Shape Outline (1) dan kemudian pilih No Outline (2).

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Berikut ini adalah hasil akhir menempatkan atau meletakkan teks di atas gambar dengan text box di Microsoft Word.

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

2. Menempatkan gambar di bawah teks reguler.

Cara berikutnya ini bisa Anda terapkan untuk teks regular. Misalnya, Anda telah memiliki dokumen teks dan ingin menyisipkan gambar sehingga posisi teks reguler akan berada di atas gambar. Cara ini bisa menjadi alternatif seperti Anda menambahkan watermark berupa gambar di dokumen Microsoft Word.

Jalankan aplikasi Microsoft Word, buka dokumen teks yang ingin diberi latar (background) gambar dan kemudian sisipkan gambar yang diinginkan di posisi mana saja di dokumen. Pastikan gambar masih terseleksi, klik ikon Layout Options (1) yang ada di sebelah kanan gambar dan kemudian klik ikon Behind Text (2).

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word

Pastikan gambar masih dalam keadaan terseleksi dan kemudian drag (tekan dan geser) gambar ke posisi yang diinginkan. Berikut ini adalah hasil akhir akhir menempatkan atau meletakkan gambar sehingga teks reguler berada di atas gambar.

menempatkan meletakkan teks di atas gambar di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It