Cara menampilkan beberapa zona waktu berbeda di system tray Windows

Cara Menampilkan Beberapa Zona Waktu Berbeda Di System Tray Windows

Windows 7 memiliki fitur menawan terkait dengan zona waktu. Di Windows 7, Anda dapat menampilkan beberapa zona waktu berbeda. Walaupun terbatas hanya sampai tiga zona waktu saja, fitur ini sudah cukup membantu pengguna untuk mengetahui perbedaan waktu untuk ketiga zona tersebut. Zona waktu ditampilkan secara visual menyerupai bentuk jam (clock) dinding ketika Anda mengklik waktu di system tray Windows 7.

Anda dapat menambahkan dua zona waktu berbeda selain zona waktu tempat Anda saat ini berada. Sebagai contoh, Anda mempunyai saudara yang saat ini sedang studi di luar negeri, misalnya di Melbourne, Australia. Anda dapat menambahkan zona waktu untuk wilayah Melbourne, Australia. Anda tidak akan canggung untuk menghubungi atau menelpon karena telah mengetahui waktu saat ini untuk wilayah Melbourne, Australia.

Baca artikel Mengubah Zona Waktu Default Server Melalui File htaccess

Bila Anda tertarik dengan fitur Windows 7 ini dan ingin menambahkan atau menampilkan beberapa zona waktu berbeda di system tray Windows 7, berikut ini adalah caranya:

Ketika waktu yang ada di system tray diklik, kalendar dan waktu secara visual ditampilkan. Dari tampilan tersebut, Anda dapat melihat hanya ada satu kalendar dan waktu yaitu zona waktu dimana Anda berada saat ini atau sesuai pengaturan zona waktu di Windows). Untuk menambahkan zona waktu baru, klik tautan teks Change date and time setting...

Menampilkan beberapa zona waktu berbeda di system tray Windows

Pastikan Anda berada di tab Additional Clocks, beri tanda centang di kotak centang (check box) Show this clock, dari kotak daftar tarik turun (drop-down), pilih zona waktu yang ingin ditampilkan atau ditambahkan dan kemudian beri nama zona waktu di kotak teks Enter display name. Bila Anda ingin menambahkan zona waktu sekali lagi, ulangi langkah di atas untuk zona waktu lain yang ada di bawahnya.

Menampilkan beberapa zona waktu berbeda di system tray Windows

Berikut ini adalah tampilan baru berupa tiga buah jam dengan zona waktu berbeda.

Menampilkan beberapa zona waktu berbeda di system tray Windows
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It