3 Cara Menghapus Halaman Kosong Di Dokumen Microsoft Word

Apakah Anda sering memperoleh dokumen Microsoft Word, misalnya dari internet, melalui file attachment di email yang dikirim ke Anda atau ada orang lain yang mengirimkan dokumen tersebut kepada Anda? Ketika dokumen dibuka, Anda segera dapat mengetahui jumlah halaman dari dokumen yang Anda terima. Anda kemudian berkata di dalam hati lumayan banyak.

Anda membaca sampai selesai dan mendapati ada beberapa halaman kosong di dokumen. Anda kemudian berencana untuk mengedit beberapa bagian yang diperlukan dan sekaligus menghapus beberapa halaman kosong yang ada. Anda berpikir bahwa halaman kosong di dokumen Microsoft Word terlebut akan lebih baik bila dihapus agar menjadi rapi.

Baca artikel 3 Cara Menambah Atau Menyisipkan Halaman Kosong Di Microsoft Word

Halaman kosong di dokumen Microsoft Word bisa berada di tengah atau di akhir. Halaman kosong bisa sengaja ditambahkan, misalnya dengan menyisipkan melalui Page Break di tab Insert (Ctrl + Enter) atau yang tidak sengaja, misalnya halaman kosong di akhir dokumen karena penekanan tombol non-printing character seperti Enter yang tidak disadari.

Baca artikel Melihat Beberapa Halaman Dokumen Sekaligus Di Microsoft Word

Di Microsoft Word, Anda dapat menghapus halaman kosong yang ada di dokumen dengan beberapa cara. Contoh di artikel ini menggunakan aplikasi Microsoft Word 2019, namun Anda juga dapat menggunakan Microsoft Word versi sebelumnya dengan cara yang sama:

1. Menggunakan Navigation Pane.

Untuk menghapus halaman kosong dari dokumen Microsoft Word yang ada di tengah, Anda dapat menggunakan fitur Navigation Pane. Klik tab View (1) dan di kelompok Show (2), beri tanda centang di kotak centang (check box) Navigation Pane (3).

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

Bilah samping (sidebar) Navigation kemudian muncul di sebelah kiri yang menampilkan thumbnail dari semua halaman. Klik tab Page (1), gunakan slider (2) untuk menemukan halaman kosong, klik pada halaman kosong (3) untuk menyeleksi dan kemudian tekan key atau tombol keyboard Delete untuk menghapusnya.

Baca artikel Menavigasi Halaman Dokumen Microsoft Word Dengan Thumbnail

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

2. Menghapus Page Break.

Page Break di Microsoft Word adalah fitur yang membolehkan Anda untuk memulai konten di sebuah halaman baru berikutnya. Cukup sering, halaman kosong di dokumen Microsoft Word dihasilkan fitur Page Break manual ini. Secara default, Page Break adalah karakter tidak tercetak (non-printing character) dan tersembunyi. Namun, Anda dapat menampilkan Page Break menggunakan ikon Paragraph Mark.

Untuk menampilkan keberadaan Page Break di dokumen Microsoft Word, pastikan tab Home (1) aktif, di kelompok Paragraph (2), klik ikon Paragraph Mark (3).

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

Untuk menghapus Page Break, klik ganda (double click) Page Break untuk menyorot atau menyeleksinya dan kemudian tekan key atau tombol keyboard Delete.

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

Anda juga dapat menghapus sekaligus banyak halaman kosong di dokumen Microsoft Word yang dihasilkan dari Page Break melalui kotak dialog Find and Replace. Untuk membuka kotak dialog Find and Replace dengan cepat, gunakan pintasan keyboard Ctrl + H.

Di kotak dialog Find and Replace yang muncul, pastikan tab Replace (1) aktif, di kotak tarik turun (drop-down box) Find what, ketik ^m (2), biarkan kotak tarik turun Replace with tetap kosong (3) dan kemudian klik tombol Replace All (4).

Baca artikel Menghapus Semua Gambar Dari Dokumen Word Dengan Find and Replace

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

Di kotak dialog Microsoft Word yang muncul berikutnya, klik tombol OK. Kotak dialog ini menginformasikan bahwa ada 4 Page Break yang telah dihapus.

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word

3. Menghapus halaman kosong di akhir dokumen.

Kita seringkali mendapati ada halaman kosong di akhir dokumen Microsoft Word. Hal ini bisa disebabkan karena adanya karakter tidak tercetak (non-printing character), misalnya adanya penekanan tombol Enter beberapa kali di akhir dokumen tanpa disadari.

Menghapus halaman kosong yang ada di akhir dokumen tidak sulit. Tampilkan karakter tidak tercetak terlebih dahulu menggunakan Paragraph Mark seperti yang telah dijelaskan di atas, sorot atau seleksi semua karakter tidak tercetak tersebut dan kemudian tekan key atau tombol keyboard Delete.

Cara menghapus halaman kosong di dokumen Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It