Salah satu media instalasi program atau aplikasi adalah file ISO yang juga disebut dengan ISO image atau disk image. Misalnya, Anda ingin menginstal paket perangkat lunak Microsoft Office. Ketika Anda mengunduh file instalasi Microsoft Office secara resmi dan legal dari server Microsoft, Anda akan mendapatkan file ISO. Lalu, apa sebenarnya file ISO tersebut?

File ISO adalah file arsip yang merupakan salinan identik data atau salinan apapun yang terdapat di disk optik seperti CD, DVD atau Blue-ray. Nama ISO sendiri merupakan nama file sistem yang diguanakan di media optik yaitu ISO 9660. File ISO adalah salinan sektor demi sektor dari disk yang tidak dikompresi. Saat ini, file ISO banyak digunakan sebagai backup (cadangan) disk, meskipun awalnya ditujukan untuk distribusi program berukuran besar dan sistem operasi.

Baca artikel Mendapatkan File ISO Microsoft Office Terbaru Dengan Mudah Dan Aman

Ketika Anda mengunduh (download) file instalasi program atau aplikasi dalam bentuk file ISO, ada tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat menginstal program atau aplikasi tersebut. Anda dapat membakar (burning) file ISO ke disk, mount file ISO atau mengekstrak (ekstract) file ISO. Mounting file ISO adalah cara yang paling mudah dan cepat di antara lainnya.

Dalam proses mouting file ISO, akan muncul Optcal Disk Drive (ODD) baru di komputer Anda. Optical disk drive baru ini adalah optical disk drive virtual yang menampilkan isi atau konten dari file ISO. Untuk menginstal program atau aplikasi, Anda tinggal menjalankan file executable (setup.exe). Anda dapat mount file ISO ke optical disk drive virtual menggunakan software seperti Daemon Tool, PowerISO atau UltraISO. Bila Anda menggunakan Windows 7, 8, 8.1 atau 10, Windows sudah memiliki fitur mount bulit-in.

Baca artikel Mengenal Dan Cara Menggunakan File ISO

Di artikel kali ini, ditunjukkan proses mount dan unmount file ISO (ISO image atau disk image) menggunakan fitur built-in Windows 10. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pastikan Anda sudah memiliki file ISO dari parogram atau aplikasi yang ingin diinstal. Di contoh ini digunakan file ISO Microsoft Office 2019. Klik kanan mouse tepat di file ISO untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Mount.

Cara mount dan unmount file ISO (ISO image) di Microsoft Windows

Tidak berapa lama, optical disk drive virtual akan muncul. Di contaoh ini adalah DVD Drive (F:) 16.0.11328.2018 (1) dan di bagian sebelah kanan, Anda dapat melihat isi atau konten dari file ISO, salah satunya adalah file executable setup.exe. Untuk menginstal program atau aplikasi Microsoft Office, jalankan atau klik ganda setup.exe (2).

Cara mount dan unmount file ISO (ISO image) di Microsoft Windows

Bila instalasi program atau aplikasi Microsoft Office sudah selesai dan Anda tidak memerlukan lagi optical disk drive virtual, Anda dapat menghapus atau mengeluarkannya. Klik kanan mouse tepat di opical disk drive virtual (DVD Drive (F:) 16.0.11328.2018) untuk menampilkan menu pintas dan kemudian pilih Eject.

Cara mount dan unmount file ISO (ISO image) di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It