Cara menampilkan Print Preview di browser Mozilla Firefox

Ketika Anda membuka halaman web (web page) dan menemukan informasi yang dicari, terkadang muncul keinginan untuk mencetak halaman web tersebut. Untuk mencetak halaman web di Microsoft Windows, pengguna Windows dapat mengakses jendela atau kotak dialog Print dari browser yang digunakan melalui pintasan keyboard Ctrl+P. Ini adalah pintasan keyboard umum yang hampir semua pengguna Windows mengetahuinya.

Selain Google Chrome, salah satu browser yang sudah mendapat tempat di hati banyak penjelajah internet adalah Mozilla Firefox. Apabila Anda mencetak halaman web dengan browser ini melalui pintasan keyboard Ctrl+P, maka kotak dialog Print akan muncul. Kotak dialog Print tidak memberi Anda banyak opsi untuk melakukan penyesuaian sebelum mencetak halaman web.

Baca artikel:

Selain Print, Mozilla Firefox juga mempunyai fitur Print Preview. Print Preview ini memiliki opsi lebih banyak jika dibandingkan dengan kotak dialog Print. Dengan Print Preview, Anda dapat melakukan setup halaman, merubah penskalaan dan juga mengaktifkan "simplify page". Fitur "simplify page" ini dapat menyederhanakan konten pada halaman web sehingga Anda mencetak halaman web tanpa iklan dan juga elemen web lain.

Fitur Print Preview di Mozilla Firefox hanya dapat diakses melalui menu. Secara default, menu di browser ini disembunyikan sehingga tidak terlihat. Anda dapat menampilkan menu di Mozilla Firefox menggunakan pintasan keyboard Alt. Anda cukup dengan menekan tombol keyboard Alt dan menu ditampilkan di bagian kiri atas dari Mozilla Firefox.

Cara menampilkan print preview di browser Firefox

Untuk menampilkan pratinjau cetak (print preview) halaman web yang akan dicetak, klik menu File (1) dan kemudian pilih submenu Print Preview (2).

Cara menampilkan print preview di browser Firefox

Berikut ini adalah tampilan halaman web yang akan dicetak setelah menentukan atau mengaktifkan beberapa opsi yang tersedia di Print Preview. Untuk mencetak halaman web sesuai tampilan pratinjau cetak, gunakan kotak dialog Print dengan menekan tombol Print.

Cara menampilkan print preview di browser Firefox
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It