Cara mengetahui atau memeriksa tipe RAM di Windows 10

Cara Mengetahui Atau Memeriksa Tipe RAM Di Windows 10

Selain prosesor (CPU) dan hard drive (HDD), komponen atau hardware komputer yang memiliki dampak sangat signifikan pada performa komputer adalah memori atau RAM. Semakin besar ukuran RAM (RAM size), semakin cepat kerja komputer dan semakin baik performanya. RAM (Random Access Memory) sering disebut juga dengan main memory, primary memory atau system memory.

RAM bersifat volatil artinya data akan tetap tersimpan selama komputer menyala (aktif) dan akan hilang ketika komputer dimatikan. Fungsi dari RAM adalah menyimpan sementara bagian dari sistem operasi, program aplikasi dan data yang saat ini sedang digunakan untuk dapat diakses dengan cepat dan diproses oleh prosesor. RAM jauh lebih cepat dibaca dan ditulis dibandingkan hard drive, baik HDD maupun SSD.

Baca artikel Memeriksa Slot RAM Yang Terpakai Dan Yang Kosong Di Windows

Berdasarkan kecepatan transfer (RAM speed), RAM mempunyai dua varian yaitu SDR (Single Data Rate) dan DDR (Double Data Rate). DDR sendiri mempunyai beberapa standar seperti DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan terbaru yang masih dalam pengembangan adalah DDR5. DDR1 dan DDR2 sudah tidak digunakan, kecuali pada komputer lama. Komputer saat ini banyak menggunakan DDR3 atau DDR4.

Baca artikel:

Anda dapat mengetahui tipe RAM yang ada di komputer Windows apakah menggunakan DDR2, DDR3 atau DDR4. Windows memiliki tool bawaan (built-in tool) seperti Task Manager, Command Prompt atau Windows PowerShell yang dapat digunakan untuk mengetahui tipe RAM. Berikut ini adalah cara mengetahui atau memeriksa tipe RAM di komputer Windows 10 menggunakan Task Manager dan baris perintah Command Prompt.

1. Menggunakan Task Manager.

Task Manager adalah utilitas atau tool penting di sistem operasi Microsoft Windows. Task Manager menyediakan informasi detail tentang aplikasi, proses (processes) dan layanan (services) yang sedang berjalan (running) di Windows. Anda menggunakan Task Manager untuk memonitor dan mengelola sistem Microsoft Windows.

Untuk mengetahui tipe RAM komputer, buka atau jalankan Task Manager. Cara paling cepat untuk membuka Task Manager adalah melalui pintasan keyboard Crtl+Alt+Del. Di layar Windows Security yang muncul, pilih Task Manager.

Di jendela Task Manager yang muncul, klik tab Performance (1), kemudian pilih Memory (2) dan Anda dapat melihat tipe RAM yang digunakan komputer yaitu DDR3 (3).

Cara mengetahui (memeriksa) tipe RAM di Windows 10

2. Menggunakan Command Prompt.

Command Prompt adalah tool powerfull Windows untuk mengeksekusi baris perintah yang digunakan untuk mengotomasi tugas melalui script atau batch file, pemecahan masalah pada Windows atau menjalankan fungsi administasi lanjutan. Tool Windows lainnya yang mempunyai kemampuan dan fleksibilitas lebih baik dari Command Prompt adalah Windows PowerShell.

Untuk mengetahui tipe RAM komputer melalui Command Prompt, buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu. Salah satu cara mudah membuka Command Prompt adalah melalui kotak dialog Run. Gunakan pintasan keyboard Win+R, di kotak dilaog Run yang muncul, ketik cmd dan kemudian klik tombol OK.

Di jendela Command Prompt yang muncul, ketik perintah wmic MemoryChip get BankLabel, Capacity, MemoryType, TypeDetail, Speed, Tag dan kemudian tekan tombol keyboard Enter. Hasil eksekusi perintah adalah nilai angka yang merupakan representasi dari tipe RAM komputer.

Cara mengetahui (memeriksa) tipe RAM di Windows 10

Dari tabel di bawah ini, Anda kemudian dapat memeriksa atau mencocokkan nilai yang ditampilkan untuk mengetahui tipe RAM komputer. Dari tabel dapat diketahui bahwa 24 adalah tipe RAM untuk DDR3.

Tipe RAM Dalam Angka Tipe RAM Fisik
0 Tidak diketahui (unknown)
1 Yang lain (other)
2 DRAM
3 Synchronous DRAM
4 Cache DRMA
5 EDO
6 EDRAM
7 VRAM
8 SRAM
9 RAM
10 ROM
11 Flash
12 EEPROM
13 FEPROM
14 EPROM
15 CDRAM
16 3DRAM
17 SDRAM
18 SGRAM
19 RDRAM
20 DDR
21 DDR2
22 DDR2 FB=DIMM
24 DDR3
25 FBD2
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It