Versi premium browser Firefox segera tersedia

Ada cukup banyak alternatif web browser yang bisa digunakan untuk kegiatan browsing internet. Persaingan ketat dalam menggunakan browser telah mengerucut pada 5 browser modern dengan pengguna terbanyak yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera dan Safari. Dari kelima browser tersebut, Google Chrome menjadi yang paling dominan digunakan dan kemudian diikuti oleh Mozilla Firefox.

Saat ini, Mozilla Firefox dapat menjadi alternatif terbaik dari Google Chrome. Ini bukan tanpa alasan setelah Mozilla melakukan update terbesar untuk versi 57.0 yang dikenal dengan Firefox Quantum. Mozilla mengklaim bahwa Firefox jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya terkait interface (antarmuka) dan kecepatan dan memiliki manajemen memori yang lebih baik dibandingkan dengan Google Chrome dan browser pesaing lainnya.

Baca artikel Mengunduh (Download) Offline Installer Browser Mozilla Firefox

Tidak sedikit browser yang ada dibuat dan dikembangkan dengan fitur spesifik. Kita mengenal web browser anonim seperti Tor, Brave dan Comodo IceDragon yang menawarkan proteksi privasi online saat Anda terkoneksi internet. Ada juga web browser yang dikembangkan khusus untuk gamer yang dilengkapi fitur untuk membatasi akses ke sumber daya sistem seperti RAM dan CPU dan Opera GX menjadi satu-satunya gaming browser yang ada saat ini.

Baca artikel Mozilla Firefox 64-Bit, Keamanan Lebih Baik, Tingkat Crash Rendah

Belum lama ini, dengan alasan membuka sumber pendapatan baru, Mozilla mengatakan segera tersedia versi premium browser Firefox. Firefox Premium ini akan memiliki fitur yang tidak ditemukan di browser Mozilla Firefox standar. Meskipun fitur khusus pada Firefox Premium belum diekspos secara jelas, setidaknya beberapa yang pasti ada adalah Virtual Private Network (VPN), cloud storage yang aman dan layanan berlangganan lain seperti akses konten paywalled.

Sebelumnya, Mozilla telah melakukan eksperimen dengan menawarkan ProtonVPN kepada pegguna Firefox dengan biaya berlangganan sebesar $10 per bulan. Mozilla kemudian mempertimbangkan dengan menawarkan sejumlah bandwidth VPN gratis kepada pengguna terbatas dan juga layanan VPN meteran premium melalui layanan berlangganan bulanan. Layanan VPN Mozilla ini menjadi salah satu fitur yang ada di Firefox Premium.

Firefox Premium juga menawarkan beberapa keuntungan kepada pengguna seperti mengirimkan bug secara pribadi, mendapatkan perbaikan terkait celah keamanan dengan perjanjian tingkat layanan, ikut serta berkontribusi pada browser dan roadmap untuk rilis berikutnya, dapat mengakses basis pengetahuan layanan mandiri dan mendapatkan dukungan komunitas. Pengguna juga mendapatkan pemberitahuan proaktif terkait hal-hal penting di Firefox seperti pengenalan fitur DNS-over-HTTPS baru-baru ini.

Adanya Firefox Premium tidak menghilangkan browser Mozilla Firefox standar. Mozilla Firefox standar tetap ada, tetap open source dan free. Firefox Premium sendiri rencananya secara resmi mulai tersedia pada akhir tahun 2019 ini dengan biaya berlangganan per bulan yang belum diketahui. Firefox Premium bisa menjadi solusi untuk mereka yang menginginkan keamanan data, privasi online dan sebagainya saat terkoneksi internet menggunakan web browser.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It