Mengaktifkan Atau Menonaktifkan Adobe Flash Player Di Microsoft Edge

Adobe Flash Player adalah perangkat lunak (software) gratis untuk konten yang dibuat dengan software flash seperti Adobe Flash. Dalam dunia web, konten flash merupakan bagian penting dan utama dari konten web itu sendiri. Dengan bantuan Adobe Flash Player, konten flash seperti animasi dan iklan yang dibuat dengan software flash dapat berjalan dan dinikmati.

Anda tidak akan dapat melihat itu semua bila Adobe Flash Player belum terinstal di sistem komputer. Sebelum hadirnya HTML5, Adobe Flash Player adalah bagian penting dan utama dalam dunia web. Namun keadaan kemudian berubah. Banyak perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Mozilla dan juga Microsoft mulai meninggalkannya.

Hal ini disebabkan karena ditemukan adanya celah keamanan pada software Adobe Flash Player, sedangkan alasan lain adalah performa dan penggunaan baterai. Namun demikian, nyatanya, Microsoft masih menggunakan Adobe Flash Player di sistem operasi Microsoft Windows 10 dan browser Microsoft Edge. Fitur ini adalah pra-instal dan juga mendapatkan update melalui Windows Update.

Di Microsoft Windows 10 Anniversary Update, Microsoft melakukan auto-pause konten flash yang tidak terlalu pokok untuk halaman web. Animasi dan iklan yang dibuat dengan Flash akan ditampilkan tidak aktif kecuali pengunjung melakukan klik untuk menjalankan konten tersebut. Konten flash yang pokok untuk halaman web seperti video dan game tetap dapat berjalan.

Mungkin, keputusan Microsoft masih menggunakan Adobe Flash Player adalah langkah yang perlu diambil selama masa transisi menuju ke open web standard seperti Encrypted Media Extensions, Media Source Extensions, Canvas, Web Audio dan RTC. Di Microsoft Windows 10 dan browser Microsoft Edge, Adobe Flash Player adalah opsional.

Pengguna Windows 10 dan browser Microsoft Edge dapat mengaktifkan atau menonaktifkan built-in Adobe Flash Player. Microsoft memberi kontrol penuh kepada pengguna untuk menentukan pilihannya. Secara default, Adobe Flash Player diaktifkan (Enabled). Bila Anda ragu dengan software ini dan ingin menonaktifkannya untuk faktor keamanan, berikut ini adalah caranya:

Jalankan browser Microsoft Edge, klik tombol More, tombol dengan tiga titik horisontal yang terletak di sudut kanan atas dan kemudian pilih Settings.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge

Di area SETTINGS, gulung ke bawah ke bagian Advanced settings dan kemudian klik tombol View advanced settings.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge

Di area Advanced settings, ubah nilai toggle swicth Adobe Flash Player dari On ke Off untuk menonaktifkannya (disable). Bila Anda sewaktu-waktu ingin mengaktifkan (enable) kembali, ubah nilai toggle swicth Adobe Flash Player dari Off ke On.

Mengaktifkan atau menonaktifkan Adobe Flash Player di Microsoft Edge
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It