Mouse adalah salah satu perangkat input penting yang hampir selalu terkoneksi di komputer, baik Personal Computer (PC) atau laptop. Keberadaan mouse telah mengurangi penggunaan keyboard pada Personal Computer (PC) atau touchpad pada laptop. Banyak pengguna komputer lebih mudah mengoperasikan komputer dengan mouse dibandingkan keyboard dan touchpad.

Bila diperhatikan, mouse lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang standar dan umum seperti klik untuk membuka program atau file, memilih item dari daftar tarik turun (drop-down list), klik kanan item untuk menampilkan daftar menu pintas, melakukan drag-and-drop file atau folder, klik tombol pada kotak dialog dan hal-hal lainnya.

Artikel menarik lainnya:

Mouse bisa digunakan lebih dari itu yaitu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda di komputer. Mouse sendiri sering dipadukan dengan tombol keyboard tertentu untuk melakukan fungsi spesifik. Berikut ini beberapa trik mouse yang bermanfaat untuk pengguna Windows:

1. Menyeleksi banyak potongan teks.

Ini adalah salah satu trik yang sebagian pengguna komputer belum mengetahuinya. Anda dapat menyeleksi banyak potongan teks yang ada di dokumen. Untuk menyeleksi banyak potongan teks, seleksi potongan teks pertama, tekan dan tahan tombol keyboard CTRL dan kemudian seleksi lagi potongan-potongan teks berikutnya.

Trik bermanfaat menggunakan mouse di komputer Windows

2. Menyeleksi teks secara vertikal.

Penyeleksian teks secara vertikal memang jarang dilakukan. Namun demikian, Anda sesekali akan memerlukan trik ini. Untuk menyeleksi teks secara vertikal, tekan dan tahan tombol keyboard ALT dan kemudian seleksi teks menggunakan tombol kiri mouse.

Baca artikel Menyeleksi Teks Secara Vertikal Di Microsoft Office Word

Trik bermanfaat menggunakan mouse di komputer Windows

3. Menyeleksi teks lebih mudah dan tepat.

Anda dapat menyeleksi teks dengan cara mengklik dan menyeret tombol kiri mouse. Namun, cara ini sering kali menyeleksi kata secara lengkap. Bagaimana bila Anda ingin menyeleksi sampai ke karakter tertentu saja? Untuk menyeleksi teks lebih mudah dan tepat, klik di awal teks yang akan diseleksi (1), tekan tombol keyboard SHIFT dan kemudian klik di akhir teks akan yang akan diseleksi (2).

Trik bermanfaat menggunakan mouse di komputer Windows

4. Memperbesar (zoom in) dan memperkecil (zome out)

Anda dapat mempesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) tampilan di layar komputer dengan menekan dan menahan tombol keyboard CTRL dan kemudian memutar roda mouse ke atas untuk memperbesar atau memutar roda mouse ke bawah untuk memperkecil.

5. Membuka tautan (link) di tab atau jendela baru browser.

Anda dapat membuka tautan (link) di tab atau jendela baru browser dengan cara mengklik kanan mouse tepat pada link dan dari menu pintas, pilih untuk membuka di tab baru atau di jendela baru. Namun, cara yang lebih praktis dan menghemat waktu adalah tekan dan tahan tombol keyboard CTRL dan kemudian klik tautan (link) yang ingin dibuka di tab baru.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It