Windows 10 merupakan sistem operasi Microsoft terbaru, penerus Windows 8 atau Windows 8.1 yang kurang diminati di pasaran. Sistem operasi Windows di pasaran saat ini adalah Windows 10. Windows 10 memerlukan syarat sistem minimal yang harus dipenuhi agar bisa berjalan baik. Salah satu syarat sistem adalah kapasitas hard disk minimal 16 GB untuk Windows 10 32-bit dan 20 GB untuk Microsoft Windows 10 64-bit.

Bila Anda memiliki hard disk kapasitas 500 GB, ini bukan ukuran yang besar. Seiring waktu, ukuran program atau aplikasi dan juga file juga bertambah besar. Bila Anda menginstal banyak program atau aplikasi dan suka mengunduh file media seperti gambar, musik, video atau film, kapasitas hard disk 500 GB juga cepat habis. Meskipun hard disk saat ini memiliki kapasitas besar, Anda tetap harus bijak menggunakan ruang penyimpanan tersebut.

Artikel menarik lainnya:

Setiap program atau aplikasi yang diinstal di komputer memerlukan ruang penyimpanan. Setiap file media yang Anda unduh (download) juga memerlukan ruang penyimpanan. Untuk memastikan bahwa Anda masih memiliki ruang kosong pada hard disk, Anda dapat memeriksanya. Di Windows 10, Anda dapat memeriksa jumlah ruang kosong pada hard disk dengan mudah. Berikut ini adalah caranya:

Baca artikel Cara Menemukan Nomor Seri Hard Disk Di Windows

1. Melalui File Explorer.

Untuk memeriksa jumlah ruang kosong hard disk melalui File Explorer, buka terlebih dahulu File Explorer menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) Windows+E. Di jendela File Explorer yang terbuka, klik This PC. Anda dapat melihat progress bar yang memberikan tampilan visual ruang hard disk yang digunakan dan yang masih kosong

Cara memeriksa ruang kosong hard disk di Windows

2. Melalui Windows Settings.

Untuk memeriksa jumlah ruang kosong hard disk melalui Windows Settings, klik tombol Start dan kemudian klik ikon Settings. Di jendela Windows Settings yang muncul, pilih System (Display, sound, notification power).

Cara memeriksa ruang kosong hard disk di Windows

Di jendela System - Settings yang muncul, pilih tab Storage (1). Anda dapat melihat progress bar yang memberikan tampilan visual ruang hard disk yang digunakan dan yang masih kosong (2). Bila Anda ingin melihat file atau program spesifik yang menggunakan hard disk, klik salah satu drive, misalnya C:

Cara memeriksa ruang kosong hard disk di Windows

File atau program spesifik yang menggunakan hard disk drive C: ditampilkan. Tampilan ini dapat digunakan untuk mengetahui file atau program yang menggunakan ruang hard disk paling banyak. Bila Anda ingin mengosongkan sedikit banyak ruang hard disk, Anda dapat membersihkan file atau program yang diperlukan.

Cara memeriksa ruang kosong hard disk di Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It