Pada mumnya, komputer Windows memiliki dua drive yaitu drive C: dan D:. Tergantung dari jumlah partisi hard disk yang dibuat, Anda bisa saja memiliki lebih dari dua drive letter selain C: dan D:. Drive letter diberikan oleh Windows pada saat proses instalasi. Setelah instalasi selesai, Windows masih memberikan drive letter ketika Anda mengkoneksikan removable drive seperti flash drive atau optical drive.

Sistem operasi Microsoft Windows dan aplikasi (program) secara otomatis akan diinstal di drive C:, sedangkan drive D: umumnya untuk menyimpan data yang Anda miliki. Drive letter di Microsoft Windows juga bisa dirubah atau diganti. Misalnya, Anda ingin merubah nama sebuah drive yang khusus untuk menyimpan file-file Office dan sekaligus merubah drive letter menjadi O:. Windows membolehkan Anda melakukan perubahan drive letter seperti ini.

Baca artikel:

Namun, Anda sangat dianjurkan untuk tidak merubah drive letter C: tempat file-file Windows dan berbagai aplikasi lain yang Anda instal. Drive C: berisi file system yang sangat penting dan juga boot file. Bila Anda merubah drive letter C: dengan drive letter lainnya, kemungkinan Windows tidak dapat melakukan booting lagi. Untuk merubah drive letter di Microsoft Windows, berikut ini adalah caranya:

Baca artikel:

Klik kanan tombol Start (1) atau gunakan kombinasi tombol keyboard WINDOWS+X dan dari daftar menu WinX yang muncul, pilih Disk Management (2).

Merubah drive letter di Microsoft Windows

Di jendela Disk Management yang muncul, klik kanan pada drive yang drive letter-nya akan dirubah, di contoh ini adalah drive D: (1) dan dari daftar menu pintas yang muncul, pilih Change Drive Letter and Paths... (2)

Merubah drive letter di Microsoft Windows

Di kotak dialog Change Drive Letter and Paths for [drive-dipilih] yang muncul, klik tombol Change...

Merubah drive letter di Microsoft Windows

Di kotak dialog Change Drive Letter or Path yang muncul, pastikan tombol radio Assign the following drive letter telah terseleksi (1), dari daftar tarik turun (drop-down box), pilih drive letter lainnya, misalnya O (2) dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol OK (3).

Merubah drive letter di Microsoft Windows

Kotak dialog berikutnya yang muncul akan konfirmasi bahwa perubahan drive letter mungkin dapat menyebabkan beberapa program atau aplikasi yang terinstal tidak berjalan semestinya. Klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It