7 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android

Anda mungkin masih ingat dan bisa membandingkan kamera di ponsel Android saat ini dan beberapa tahun sebelumnya. Sekarang, kamera di ponsel Android telah meningkat pesat dengan banyak lensa dan sensor gambar. Selain RAM, ruang penyimpanan, fitur dan harga tentunya, kekuatan kamera turut mendasari keputusan seseorang untuk membeli ponsel Android dari pabrikan ponsel tertentu.

Di ponsel Android, hardware kamera pada ponsel juga perlu aplikasi kamera (Android camera app). Aplikasi kamera ini berfungsi untuk mengeksplorasi kemampuan penuh dari perangkat keras (hardware) kamera yang ada di ponsel. Aplikasi kamera menawarkan beragam fitur untuk mengontrol fungsi kamera sesuai kebutuhan dan memberi opsi ketika menggunakan kamera ponsel.

Baca artikel:

Ketika Anda membeli ponsel Android, pabrikan ponsel sebenarnya juga sudah menyertakan aplikasi kamera buatan sendiri. Aplikasi kamera bawaan beberapa pabrikan ponsel seperti Samsung, Xiaomi dan Oppo sebenarnya cukup mengetahui pengaturan kamera pada ponsel mereka dengan lebih baik dan mengoptimalkan dengan lebih tepat. Namun, tetap saja banyak pengguna Android masih tidak puas.

Baca artikel Memperbaiki Webcam Yang Tidak Bekerja / Berfungsi Di Windows

Pengguna Android beranggapan aplikasi kamera bawaan tidak cukup untuk mengeksplorasi kemampuan penuh kamera ponsel. Untuk itu, mereka mencari aplikasi kamera pihak ketiga sebagai alternatif yang lebih baik. Untungnya, Android memiliki banyak sekali aplikasi kamera pihak ketiga yang memiliki fitur dan opsi untuk membantu mengambil foto dan video terbaik melalui kamera ponsel.

Berikut ini adalah daftar 7 aplikasi kamera terbaik untuk ponsel Android Anda:

1. Open Camera.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Open Camera adalah aplikasi kamera sumber terbuka, ringan dan gratis untuk perangkat Android, baik ponsel maupun tablet. Antarmuka aplikasi kamera ini dioptimalkan secara efisien untuk pengguna tangan kiri (kidal) dan tangan kanan. Meskipun sumber terbuka dan gratis, Open Camera memiliki cukup banyak fitur sehingga tidak perlu ragu bila ingin menggunakannya.

Beberapa fitur yang terdapat pada Open Camera diantaranya adalah penstabil otomatis, mode focus, perekam video HD, mode pemandangan, HDR, ISO, mikrofon, remot kontrol praktis, geotagging foto serta video, tombol volume yang dapat dikonfigurasi dan mode pengoptimalan jangkauan dinamis. Sedikit kekurangan dari aplikasi ini adalah terkadang tidak dapat fokus pada obyek dengan benar.

2. Camera MX.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Dibandingkan aplikasi kamera Android lain di Google Play store yang kehadirannya relatif baru, Camera MX termasuk yang sudah lama, namun tetap diperbarui secara teratur oleh para pengembang sampai saat ini. Dengan demikian, aplikasi kamera ini tetap terkini dan kompeten. Camera MX memiliki antarmuka (interface) sederhana dan mudah digunakan

Camera MX memiliki fitur lengkap yang menawarkan banyak pilihan mengambil gambar. Di aplikasi kamera ini, Anda sepenuhnya memiliki kendali atas resolusi dan memberi visual jelas untuk memastikan gambar yang tajam. Aplikasi ini juga dilengkapi filter, galeri, efek, bingkai, editor foto bawaan dan kemampuan membuat GIF. Meskipun memiliki kekurangan pada beberapa fitur DLSR, aplikasi kamera ini termasuk yang populer.

3. Camera FV-5.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Camera FV-5 adalah aplikasi kamera DSLR terbaik untuk Android yang banyak disukai oleh kalangan fotografi dan profesional. Fitur menarik dari aplikasi kamera ini adalah membawa hampir semua kontrol fotografi manual DSLR di ponsel Android. Camera FV-5 mungkin saja kurang cocok untuk pemula karena dibutuhkan cukup banyak pengetahuan untuk dapat menggunakan aplikasi ini dengan benar.

Camera FV-5 memberi Anda akses kontrol total pada banyak fitur seperti kecepatan rana, ISO, white balance, fokus pengukuran cahaya, manual shutter speed, exposure bracketing dan masih banyak lagi. Versi ringan dari aplikasi ini, Camera FV-5 Lite yang dapat diunduh gratis, menghasilkan gambar dengan kualitas lebih rendah. Namun, secara keseluruhan, Camera FV-5 termasuk aplikasi kamera yang luar biasa.

4. Cymera.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Cymera termasuk aplikasi kamera untuk Android yang populer di Google Play store. Pemula dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tetap dapat menggambil gambar dengan bagus. Aplikasi kamera ini cocok untuk mereka yang suka mengambil foto atau potret selfie. Terdapat fitur bawaan yang memungkinkan untuk mengunggah (upload) gambar ke media sosial seperti Instagram langsung dari aplikasi.

Ada banyak fitur pada aplikasi ini seperti berbagai mode pemotretan, lebih dari 100 filter selfie, alat retouching otomatis, fitur kecantikan untuk penghilang noda, memperbesar mata, menambahkan riasan ke wajah, terlihat kurus atau tinggi dan masih banyak lagi. Anda juga dapat memilih dari tujuh jenis lensa kamera menarik untuk mengambil gambar. Seperti Camera MX, Cymera termasuk aplikasi kamera lama namun tetap diperbarui.

5. Bacon Camera.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Aplikasi kamera Android berikutnya yang juga mendapat perhatian adalah Bacon Camera. Aplikasi kamera ini termasuk salah satu yang bagus. Meskipun awalnya dikembangkan secara khusus untuk OnePlus One, namun akhirnya juga digunakan pada beberapa ponsel berbeda. Bacon Camera adalah yang pertama dengan kontrol manual untuk perangkat yang tidak mendukung API Camera2 Google.

Bacon Camera hadir dengan berbagai fitur manual seperti ISO, kompensasi pencahayaan, fokus, white balance dan masih banyak lagi. Aplikasi kamera ini juga mendukung format RAW dan DNG bersama JPEG tradisional. Fitur lainnya yang juga dimiliki adalah dukungan GIF, mode panorama dan pengambilan gambar berwaktu. Bacon Camera layaknya kamera DSLR sejati tetapi untuk semua orang.

6. Google Camera (GCAM).

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

Google Camera (GCAM) adalah aplikasi kamera Android yang dikembangkan oleh Google. Google Camera sudah digunakan sebelumnya di setiap perangkat Google Pixel. Komunitas Android kemudian berhasil mengembangkan port Google Camera sehingga aplikasi ini dapat dihadirkan ke banyak ponsel Android berbeda untuk memanfaatkan semua fitur yang ada.

Google Camera menawarkan fitur bagus seperti mode lensa blur, slow motion, foto 360, stabilisasi video, mode potret Pixel yang ikonik, HDR+, Night Sight untuk mengambil foto yang bagus dalam gelap, Super Ras Zoom untuk menghasilkan gambar yang tajam meskipun diperbesar (zoom in) dan masih banyak lagi. Salah satu downside dari aplikasi ini adalah kompatibilitas yaitu hanya dapat digunakan pada perangkat yang menjalankan Android 7.1.1 dan versi lebih tinggi.

7. A Better Camera.

Aplikasi kamera terbaik untuk Android

A Better Camera termasuk aplikasi kamera Android alternatif dari pihak ketiga yang bagus. Fitur yang ditawarkan aplikasi kamera ini meliputi dukungan untuk gambar HDR, panorama 360 derajat, berbagai mode multishot, mode malam dan perekan video. Kualitas foto yang dihasilkan juga bagus serta memiliki fitur tambahan untuk menghapus obyek yang tidak diinginkan dengan satu klik.

A Better Camera dikembangkan oleh Almalence, pemimpin global dalam pencitraan seluler dan vendor pembuat perangkat lunak seluler teratas. Terdapat dua versi untuk aplikasi ini yaitu versi gratis (free) dan pro. Tentu saja, versi pro memiliki beberapa fitur tambahan. Jika diperhatikan di Google Play store, aplikasi ini terakhir diperbarui pada Juni 2018, cukup lama tidak ada pembaruann, namun tetap layak digunakan.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It