style="display: block; margin: 25px auto;"
Adobe Acrobat Pro DC

PDF (Portable Document Format) adalah format file yang memiliki tata letak (layout) dan tampilan tetap atau tidak berubah serta tidak bergantung pada aplikasi, sistem operasi dan perangkat keras (hardware) yang digunakan. Ide dibalik PDF adalah bahwa format file ini dimaksudkan untuk dibaca saja, tidak untuk diedit. Format PDF dibuat dengan tujuan untuk mempertahankan dan memproteksi layout serta konten agar sulit berubah.

PDF telah menjadi salah satu format file populer. Banyak dokumen dijumpai dalam format PDF seperti manual produk, eBook, pamflet, lamaran pekerjaan, dokumen pindaian, brosur dan berbagai macam dokumen lain. Dalam sejarahnya, format PDF pertama kali dibuat oleh Adobe System. Adobe kemudian melepas PDF sebagai format file standar terbuka di bawah pengawasan International Organization for Standardization (ISO).

Sebagian besar dokumen PDF berasal dari jenis dokumen lain, misalnya dokumen Microsoft Word (DOCX atau DOC), yang dikonversi ke format PDF. Jadi, bukan dokumen PDF yang dibuat dari awal seperti Anda membuat dokumen Microsoft Word. Ketika sudah dikonversi ke PDF, dokumen ini memiliki tata letak dan tampilan tetap apapun aplikasi, sistem operasi dan hardware yang digunakan dan pastinya sulit diedit.

Sebenarnya, sulit diedit bukan berarti dokumen PDF tidak dapat diedit. Anda masih dapat mengedit menggunakan aplikasi yang memang khusus didedikasikan untuk PDF, misalnya Adobe Acrobat. Adobe Acrobat adalah aplikasi paling populer untuk mengedit dokumen PDF yang menawarkan banyak fitur canggih. Namun demikian, Adobe Acrobat tetap tidak memberikan keserbagunaan layaknya pengolah kata (word processor) tradisional seperti Microsoft Word.

Di artikel kali ini, Anda diperkenalkan cara membuat atau menyisipkan halaman kosong PDF dengan aplikasi Adobe Acrobat. Ini adalah salah satu fitur pengeditan diantara banyak fitur pengeditan dokumen PDF yang ada di Adobe Acrobat. Dengan Adobe Acrobat, Anda dapat membuat halaman kosong PDF atau menyisipkan halaman kosong di dokumen PDF yang sudah ada.

Anda mungkin perlu membuat dokumen kosong PDF atau menyisipkan halaman kosong ke dokumen PDF ketika ada elemen informasi seperti tabel atau gambar yang terlupa dan ingin menambahkan elemen tersebut ke halaman kosong PDF tersendiri. Tentu saja, Anda juga bisa menambahkan teks, menyisipkan tabel atau gambar ke halaman kosong PDF tersebut. Karena adanya batasan keserbagunaan, Anda disarankan menggunakan Adobe Acrobat untuk membuat dokumen pendek.

Berikut ini adalah cara membuat halaman kosong PDF atau menyisikan halaman kosong ke dokumen PDF yang sudah ada dengan Adobe Acrobat Pro DC di Microsoft Windows 10.

1. Membuat halaman kosong PDF.

Bila Anda ingin membuat dokumen PDF dari awal menggunakan Adobe Acrobat, Anda dapat membuat halaman kosong PDF terlebih dahulu. Setelah halaman kosong dibuat, Anda dapat menambahkan teks atau menyisipkan tabel, gambar dan elemen lainnya. Perlu diingat, gunakan Adobe Acrobat untuk membuat dokumen pendek karena batasan keserbagunaannya. Bila Anda ingin membuat dokumen PDF panjang, buat dokumen di aplikasi Microsoft Word atau OpenOffice Writer dan kemudian dikonversi ke format PDF.

Untuk mulai membuat dokumen kosong PDF, di aplikasi Adobe Acrobat, klik tab Tool (1) dan kemudian klik Create PDF (2) di tool center.

Membuat Atau Menyisipkan Halaman Kosong PDF Dengan Adobe Acrobat

Di Create a PDF from any format, pilih Blank Page (1) dan kemudian klik tombol Create (2). Halaman kosong (blank page) PDF kemudian dibuat di Adobe Acrobat untuk Anda.

Membuat Atau Menyisipkan Halaman Kosong PDF Dengan Adobe Acrobat

2. Menyisipkan halaman kosong PDF.

Menyisipkan halaman kosong PDF artinya Anda menambahkan atau menyisipkan halaman kosong ke dokumen PDF yang sudah ada. Anda terlebih dahulu perlu membuka dokumen PDF dengan aplikasi Adobe Acrobat.

Pertama-tama, klik anak panah kecil warna abu-abu untuk menampilkan navigation pane apabila navigation pane belum muncul di aplikasi Adobe Acrobat Anda.

Membuat Atau Menyisipkan Halaman Kosong PDF Dengan Adobe Acrobat

Untuk mulai mulai menyisipkan halaman kosong PDF, klik Page Thumbnails (1), klik Options (2), kemudian pilih Insert Pages (3) dan selanjutnya pilih A Blank Page... (4).

Membuat Atau Menyisipkan Halaman Kosong PDF Dengan Adobe Acrobat

Di kotak dialog Insert Pages yang muncul, pilih After atau Before (1) dari kotak tarik turun Location, di lokasi penyisipan halaman, pilih Firt, Last atau Page (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Firt menyisipkan halaman kosong sebelum atau sesudah halaman pertama, Last menyisipkan halaman kosong sebelum atau sesudah halaman terakhir dan Page menyisipkan halaman kosong sebelum atau sesudah halaman yang Anda tentukan di kotak teks, misalnya halaman ke-12.

Membuat Atau Menyisipkan Halaman Kosong PDF Dengan Adobe Acrobat
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It