Sebagaimana diketahui, di Microsoft Windows, folder adalah tempat untuk menyimpan file dan folder lainnya. Terkadang Anda tidak menyadari bahwa di dalam folder sudah ada banyak file dan folder lain. Bahkan Anda mungkin tidak menyadari kalau ukuran (size) dari folder tersebut sudah sangat besar karena ukuran dan banyaknya file dan folder yang ada di dalamnya.

Di Microsoft Windows, Anda mengelola file dan folder di File Explorer. Ketika Anda melihat isi drive atau folder, File Explore akan menampilkan semua file dan folder yang ada di dalamnya. Bila Anda perhatikan, kolom Size di File Explorer akan menampilkan ukuran (size) untuk file saja, tetapi tidak dengan folder. Namun ini bukan berarti Anda tidak bisa mengetahui ukuran folder di Windows.

Artikel menarik lainnya:

Ada banyak tool atau aplikasi kecil yang bisa untuk menampilkan ukuran folder di Windows seperti TreeSize atau Folder Size yang bisa diunduh gratis. Namun bila Anda ingin melihat ukuran folder satu per satu, Anda tidak perlu dengan menginstal aplikasi apapun. Berikut ini adalah beberapa cara melihat ukuran (size) folder di Microsoft Windows:

Baca artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan File Explorer Di Microsoft Windows 10

Melalui fitur Properties.

Jalankan atau buka File Explorer, klik kanan mouse tepat di folder yang mau dilihat ukurannya (size), dari daftar menu pintas (shortcut menus) yang muncul, pilih Properties.

Cara melihat ukuran (size) folder di Microsoft Windows

Di kotak dialog [nama-folder] Properties yang muncul, di tab General (1), Anda dapat melihat ukuran (size) folder tersebut.

Cara melihat ukuran (size) folder di Microsoft Windows

Melalui tampilan tooltip folder.

Anda juga dapat melihat ukuran (size) folder dengan mengarahkan mouse ke folder tersebut untuk menampilkan tooltip.

Cara melihat ukuran (size) folder di Microsoft Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It