Menampilkan menyembunyikan most used apps di start menu windows 10

Setelah sempat hilang dari Windows 8 dan dikeluhkan oleh banyak pengguna, Windows 8.1 akhirnya membawa kembali Start menu dan kemudian terus disempurnakan di Windows 10. Start menu adalah elemen grafis dan menjadi salah satu fitur penting dan utama di sistem operasi Microsoft Windows. Secara pasti, Start menu Windows 10 lebih baik dari yang ada di versi Windows sebelumnya.

Start menu di Windows 10 dapat lebih disesuaikan. Anda dapat mengubah warna Start menu, menghilangkan live tile yang ada atau menambah live tile baru, memperluas Start menu untuk mengakomodasi ruang bagi pintasan aplikasi (application shortcut), membuka halaman website melalui Start search, menyematkan (pin) program atau aplikasi favorit agar dapat diakses dengan cepat dan sebagainya.

Baca artikel:

Jika Anda sering membuka aplikasi tertentu, Start Windows 10 menu dapat menampilkan aplikasi tersebut ke dalam daftar aplikasi yang paling sering digunakan (Most used apps). Di Windows 10, Start menu dapat menampilkan sampai enam aplikasi yang paling sering digunakan di bagian kiri atas dari Start menu agar dapat diakses lebih mudah.

Baca artikel Menampilkan Langsung Daftar Aplikasi Melalui Tombol Start Menu Windows

Secara default, Start menu Windows 10 tidak menampilkan daftar aplikasi yang paling sering digunakan ini atau daftar aplikasi tersebut masih dinonaktifkan (disabled). Jika Anda sering menggunakan Start menu Windows 10 untuk membuka atau menjalankan aplikasi, maka keberadaan daftar aplikasi tersebut tentu akan bermanfaat untuk Anda.

Bila Anda ingin daftar aplikasi yang paling sering digunakan ditampilkan di Start menu Windows 10, Anda perlu mengubah pengaturan default. Bila nantinya berubah pikiran dan ingin menyembunyikan kembali, Anda dapat melakukan dengan mudah. Berikut ini adalah cara menampilkan atau menyembunyikan daftar aplikasi yang paling sering digunakan (most used apps) di Start menu Windows 10:

Klik tombol Start menu dan kemudian pilih Settings atau dapat juga menggunakan pintasan keyboard Windows + I untuk membuka jendela Windows Setting dan kemudian pilih atau klik Personalization (Background lock screen, colors).

Menampilkan menyembunyikan most used apps di Start menu Windows 10

Di jendela Settings - Personalization yang muncul, di bilah kiri, klik Start (1) dan di area sebelah kanan, ubah nilai toggle button Show most used apps dari Off ke On (2).

Menampilkan menyembunyikan most used apps di Start menu Windows 10

Klik tombol Start menu dan sekarang Anda dapat perhatikan daftar 6 aplikasi yang paling sering Anda gunakan (most used apps) ditampilkan di sebelah kiri atas dari Start menu Windows 10.

Menampilkan menyembunyikan most used apps di Start menu Windows 10

Bila nantinya Anda ingin menyembunyikan daftar aplikasi karena suatu hal, misalnya ingin melihat tampilan Start menu yang lebih sederhana atau hal lain terkait privasi, Anda dapat melakukan dengan mudah. Cukup ulangi langkah di atas dan kemudian ubah nilai toggle button Show most used apps dari On ke Off.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It