Mengurutkan sorting data di Microsoft Word
Mengurutkan (Sorting) Data Di Microsoft Word
Mengurutkan (sorting) data merupakan salah satu proses yang penting. Setiap program atau aplikasi pengolah data seharusnya mempunyai fitur untuk mengurutkan data. Microsoft Excel sebagai aplikasi khusus pengolah data mempunyai fitur ini. Microsoft Excel memiliki fleksibilitas lebih untuk mengurutkan data yang kompleks sekalipun. Ini adalah kelebihan Microsoft Excel dibandingkan program di paket Microsoft Office seperti Microsoft Word.

Namun demikian, ini bukan berarti Anda harus menggunakan Microsoft Excel hanya untuk mengurutkan data. Untuk data yang sederhana, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Word. Misalnya, Anda ditugaskan oleh kantor untuk membuat sebuah surat pengantar yang di dalamnya terdapat daftar 10 atau 15 nama peserta yang akan mengikuti pelatihan.

Anda mungkin memilih untuk tidak memisahkan antara surat pengantar yang pendek dengan daftar peserta pelatihan dalam lampiran terpisah. Anda dapat menambahkan nama peserta pelatihan langsung di surat tersebut. Saat surat siap dicetak, baru terfikirkan oleh Anda jika daftar nama peserta di dalam surat akan lebih baik kalau terurut. Anda tidak perlu kawatir, Microsoft Word juga memiliki fitur mengurutkan data secara alfabet dengan baik. Berikut ini adalah caranya:

Sorot terlebih dahulu data (daftar nama) di dokumen Microsoft Word yang akan diurutkan. Untuk dapat menyorot seperti gambar dibawah ini, tekan dan tahan tombol keyboard Alt dan kemudian mulai menyorot data.

Mengurutkan (sorting) data di Microsoft Word

Pastikan Anda masih berada di tab Home (1), di kelompok Paragraph, pilih tombol Sort (2).

Mengurutkan (sorting) data di Microsoft Word

Dari jendela Sort Text yang muncul, pilih model pengurutan apakah Ascending atau Descending (1) dan kemudian klik tombol OK (2).

Mengurutkan (sorting) data di Microsoft Word

Anda dapat perhatikan bahwa daftar nama yang ada di dokumen Microsoft Word telah diurutkan.

Mengurutkan (sorting) data di Microsoft Word
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It