5 Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Umumnya, pengguna Microsoft Office akan menggunakan Microsoft Excel untuk membuat tabel. Membuat tabel di Microsoft Excel dapat dilakukan lebih mudah. Microsoft Excel juga memiliki fitur pemformatan data dan tabel yang sangat lengkap sehingga data dan tabel yang dihasilkan memiliki tampilan lebih menarik. Tabel yang dibuat dengan Microsoft Excel biasanya menjadi lampiran dari dokumen Microsoft Word.

Namun, semua ini akan berbeda bila harus membuat tabel langsung di dokumen Microsoft Word. Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata untuk membuat dokumen teks tentu memiliki cara berbeda untuk membuat tabel. Microsoft Word sendiri juga tidak memiliki fitur pemformatan data dan tabel selengkap Microsoft Excel sehingga data dan tabel yang dibuat bisa memiliki tampilan yang lebih standar.

Baca artikel:

Anda mungkin pernah mendapati ada satu atau beberapa tabel di dokumen Microsoft Word yang panjang. Tebel adalah cara yang bagus dalam mengorganisasi informasi di dokumen Microsoft Word. Untuk membuat tabel di dokumen, Microsoft Word telah menyediakan fitur berupa tombol Add a Table di ribbon. Melalui tombol Add a Table di ribbon Microsoft Word, Anda dapat membuat tabel dengan beberapa cara berbeda.

Baca artikel:

Berikut ini adalah beberapa cara membuat tabel di dokumen Microsoft Word. Anda dapat menentukan sendiri cara mana yang dianggap lebih mudah dan sesuai untuk tabel yang akan dibuat.

Baca artikel Menyalin Tabel Dari Microsoft Word Ke Excel Dengan Cepat

1. Dengan menyorot baris dan kolom di grid.

Cara cepat dan mudah membuat atau menyisipkan tabel di dokumen Microsoft Word adalah dengan menyorot baris dan kolom di grid untuk menentukan jumlah awal dari kolom dan baris tabel. Anda nantinya masih dapat mengubah jumlah baris atau kolom dengan cara menambah atau menghapusnya.

Letakkan kursor di posisi tabel akan disisipkan di dokumen Microsoft Word, pastikan bahwa tab Insert telah aktif (1), di kelompok Table, klik tombol Add a Table (2) dan di grid yang ditampilkan, gerakkan pointer mouse untuk menyorot jumlah kolom dan baris (3) untuk tabel yang ingin dibuat.

Cara membuat tabel di Microsoft Word

2. Melalui kotak dialog Insert Table.

Tabel di dokumen Microsoft Word juga dapat dibuat menggunakan kotak dialog Insert Table. Letakkan kursor di posisi tabel akan disisipkan di dokumen Microsoft Word, pastikan tab Insert aktif (1), di kelompok Table, klik tombol Add a Table (2) untuk menampilkan menu drop-down dan kemudian klik Insert Table (3).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Di kotak dialog Insert Table yang muncul, tentukan jumlah kolom (1) dan baris (2) untuk tabel yang akan dibuat dan kemudian klik tombol OK (3).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

3. Dengan menggambar tabel (Draw Table).

Tabel di dokumen Microsoft Word juga dapat dibuat dengan cara digambar melalui fitur Draw Table. Dengan Draw Table, kolom dan baris tabel dapat dibuat dengan ukuran yang berbeda. Pastikan tab Insert sudah aktif (1), di kelompok Table, klik tombol Add a Table (2) untuk menampilkan menu drop-down dan kemudian klik Draw Table (3).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Kursor seketika berubah menjadi pensil. Dengan pensil ini, Anda dapat membuat gambar kotak yang didalamnya dapat dibuat baris dan kolom. Posisikan pensil di dalam kotak dan kemudian gambar garis horizontal untuk membuat baris atau garis vertikal untuk membuat kolom. Bila sudah selesai, klik di luar tabel untuk mengakhiri menggambar tabel.

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Untuk menambahkan atau menghapus kolom atau baris tabel, klik di dalam tabel untuk mengaktifkan tab Layout (1) dari Table Tools (2). Untuk melanjutkan menggambar baris horizontal atau vertikal, klik tombol Draw Table (3). Untuk menghapus baris di tabel, klik tombol Erase (4).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

4. Dengan mengkonversi teks ke tabel.

Anda dapat membuat tabel dengan cara mengkonversi data teks sederhana (plain text) ke tabel. Data teks sederhana umumnya berisi teks yang tersusun teratur dan dipisah dengan karakter tertentu seperti tab, koma, ampersand, hyphen dan sebagainya. Fitur di Microsoft Word memiliki fleksibilitas untuk menentukan pemisah teks. Secara default, pemisah teks di Microsoft Word adalah tab.

Baca artikel Mengubah Atau Mengkonversi Teks Ke Tabel Atau Tabel Ke Teks Di Microsoft Word

Sorot atau seleksi terlebih dahulu data plain teks yang ada di dokumen Microsoft Word. Di contoh ini, data teks sederhana menggunakan karakter koma sebagai pemisah antar teks.

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Pastikan tab Insert telah aktif (1), di kelompok Table, klik tombol Add a Table (2) dan dari daftar menu drop-down, klik Convert Text to Table... (3). Cara membuat tabel di Microsoft Word

Di kotak dialog Convert Text to Table yang muncul, di kelompok Table Size, jumlah kolom akan terisi secara otomatis (1), di kelompok AutoFit behavior, klik tombol radio (radio button) AutoFit to contents (2), di kelompok Separate text at, klik tombol radio Other dan kemudian ubah nilai di kotak teks dengan koma (3) dan kemudian klik tombol OK (4).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Teks sederhana (plain teks) langsung dikonversi atau diubah ke tabel.

Cara membuat tabel di Microsoft Word

5. Dengan menysisipkan spreadsheet Excel.

Melalui tombol Add a Table, Anda dapat membuat tabel di dokumen Microsoft Word dengan cara menyisipkan spreadsheet Excel. Spreadsheet Excel dapat berupa spreadsheet kosong atau spreadsheet yang sudah berisi data. Bila yang disisipkan ke dokumen Microsoft Word adalah spreadsheet kosong, Anda dapat membuat tabel di spreadsheet kosong tersebut seperti Anda membuat tabel di Microsoft Excel.

Baca artikel Menyisipkan Lembar Kerja (Spreadsheet) Excel Di Dokumen Microsoft Word

Pastikan tab Insert telah aktif (1), di kelompok Table, klik tombol Add a Table (2) dan dari daftar menu drop-down, pilih Excel Spreadsheet (3). Cara membuat tabel di Microsoft Word

Untuk menyisipkan spreadsheet kosong, di kotak dialog Object yang muncul, pastikan tab Create New aktif (1), dari daftar Object type, pilih Microssoft Excel Worksheet (2) dan kemudian klik tombol OK (3). Cara membuat tabel di Microsoft Word

Lembar kerja (spreadsheet) kosong Microsoft Excel disisipkan ke dalam dokumen Microsoft Word.

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Untuk menyisipkan spreadsheet Excel berisi data, di kotak dialog Object yang muncul, klik tab Create from File (1), klik tombol Browse (2) untuk membuka kotak dialog Browse. Di kotak dialog Browse yang muncul, tentukan file Microsoft Excel dan kemudian klik tombol Insert. Kembali ke kotak dialog Object, kotak teks File name (3) sekarang sudah berisi path folder ke file Microsoft Excel dan kemudian klik tombol OK (4).

Cara membuat tabel di Microsoft Word

Spreadsheet Excel yang telah berisi data langsung disisipkan ke dokumen Microsoft Word.

Cara membuat tabel di Microsoft Word
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It